• Rabu, 04 Juli 2018


    21 Peraturan Permainan Sepak Bola Terbaru yang Harus Kamu Tahu


    Peraturan Permainan Sepak Bola – Di dalam permainan sepakbola, disini kita diharuskan untuk menaati setiap peraturan yang dibuat apabila ikut dalam permainannya. Pada umumnya di dalam peraturan permainan sepak bola telah diketahui oleh banyak orang, baik itu pemain yang ikut pertandingan ataupun penonton yang melihat.
    Dan sebelum kita memainkan sepak bola, alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu mengenai teknik dasar dalam permainan sepak bola. Selain itu kita perlu paham betul dengan peraturan di dalam permainan sepak bola.
    Berikut ini merupakan peraturan permainan sepak bola lengkap dengan penjelasannya, antara lain:

    1. Ukuran Lapangan


    ukuran lapangan
    wikimedia.org

    • Ukuran panjang lapangan : (100 – 110M)
    • Lebar lapangan : (64 – 75M)
    • Luas pada daerah gawang : (18,35 x 5,5M)
    • Jari-jari lingkaran tengah : 9,15 Meter
    • Daerah pinalti : (40,39 x 16,5M)
    • Jarak titik penalti antara garis gawang : 11 Meter

    2. Ukuran Gawang

    • Tinggi gawang : 2,44 Meter
    • Lebar gawang : 7,32 Meter

    3. Bola

    • Bentuk bola : bulat
    • Bahan : kulit
    • Berat bola : (396 – 453g)
    • Keliling lingkaran : (68 – 71CM)

    4. Peraturan Memulai Pertandingan


    memulai pertandingan
    amazonaws.com

    Jadi sebelum pertandingan dimulai itu semua pemain yang akan bertanding diharuskan untuk berjabat tangan antar sesama pemain dan juga lawan yang berbaris ke arah penonton.
    Dan untuk wasit akan membawa uang logam serta kapten dari setiap tim hendak memilih sisi logam, untuk kemudian wasit melempar logam tersebut, dan pilihan sisi dari logam yang sesuai oleh pilihan kapten dapat memilih bola awal atau pilih dengan gawang.

    5. Jumlah Pemain Sepak Bola

    Dalam permainan sepak bola, terdiri dari 2 tim yang masing-masing tim memiliki 11 orang (salah satunya adalah penjaga gawang). Apabila pemain tim <= 7 atau 4 pemain lainnya terkena kartu merah dan terpaksa harus keluar lapangan, maka tim itu dianggap kalah.

    6. Pemimpin Tim (Captain)

    Untuk setiap tim di wajibkan memiliki captain, karena tujuan adanya Kapten itu sendiri apabila terjadi masalah dengan tim, maka kapten ini yang nantinya akan berdiskusi dengan wasit.

    7. Peraturan Memakai Aksesoris


    aksesoris pemain
    standard.co.uk

    Jersey
    Di dalam 1 pertandingan kedua tim tak diperbolehkan menggunakan jersey satu warna. Setiap tim diwajibkan untuk mempunyai identitas yang berbeda, setiap tim diharuskan memiliki dua warna jersey.
    Satu digunakan untuk pertandingan rumah atau biaya disebut dengan “Home” dan 1 lagi digunakan untuk laga tandang atau disebut dengan “Away”.
    Kaos kaki
    Di pertandingan resmi sepakbola, pemilihan warna kaos kaki haruslah sama. Dan kaos kaki ini bertujuan untuk melindungi pada tulang kering serta mencegah cidera lainnya.
    Sarung Tangan
    Sarung tangan ini tentu hanya boleh dipakai oleh kiper (penjaga gawang), fungsinya untuk mempermudah penjaga gawan dalam menangkap bola serta melindungi tangannya dari tendangan bola keras. Pemain lainnya diperbolehkan menggunakan sarung tangan ketika berada pada lapangan yang dingin atau bersalju.
    Penutup kepala
    Penutup kepala ini digunakan untuk pemain yang mengalami cidera.
    Dan untuk aksesoris yang dilarang, seperti anting, gelang, kalung, dan lain sebagainya.

    8. Wasit


    wasit bola
    ultraimg.com

    Wasit merupakan orang yang memegang penuh dalam jalannya pertandingan serta memberikan keputusan jika pemain bola telah melanggar peraturan. Wasit utama juga dibantu oleh 2 asisten wasit.

    9. Asisten Wasit

    Asisten wasit sering disebut dengan “linesman”. Bertugas untuk memberitahukan kepada wasit utama jika terjadi offside dengan menggunakan tanda bendera serta bertugas mengawasi jika terjadi throw in dan juga tendangan sudut.

    10. Waktu Permainan Sepak Bola


    durasi permainan
    manutd.com

    Permainan sepak bola ini dilakukan selama 90 menit dan dibagi 2 babak, untuk setiap babak memiliki waktu 45 menut. Dan waktu istirahat kurang lebih sekitar 15 menit.
    Jika 90 menit telah habis dan pertandingan tersebut membutuhkan pemenang, maka akan dilakukan tambahan waktu atau “extra time” dengan lama durasi 2 x 15 menit. Dan apabila kedudukan masih saja sama, maka pertandingan tersebut akan diadakan adu finalty.

    11. Peraturan Kick Off

    Kick off dilakukan saat akan memulai permainan, dalam permainan sepak bola dilakukan saat:
    • Memulai pertandingan
    • Memulai babak kedua
    • Terjadinya gol
    • Memulai babak extra time

    12. Peraturan Gol


    peraturan gol
    footballticketnet.com

    Dalam melakukkan perhitungan gol ini dilakukan saat bola masuk ke jaring gawang dan melewati gatis gawang serta tak ada pemain yang terkenai offside, pelanggaran, ataupun hands ball. Dan semua keputusan ada pada wasit yang menentukan gol itu sah ataupun tidak.

    13. Peraturan Offside dan Onside

    Jadi offside ini bisa terjadi apabila ada teman satu tim yang mengoper ke pemain lain akan tetapi berada didepan bek pertahanan dari lawan. Dan asisten wasit yang dapat menentukan terjadinya offside ataupun onside dengan cara mengangkat bendera. Untuk peraturan onside itu sebaliknya.

    14. Peraturan Bola Keluar (Out)

    Saat bola keluar dari sisi lapangan maka terjadi lemparan kedalam. Dan untuk bola yang keluar di samping gawang maka terjadi yang namanya tendangan sudut. Dan apabila ada pemain yang cedera, wasit juga berhak untuk memerintahkan mengeluarkan bola.

    15. Lemparan kedalam (Throw in)


    lemparan kedalam
    soccerfitnessgols.wordpress.com

    Dilakukan saat bola keluar dari lapangan, dan tim yang dapat mengambil lemparan kedalam tersebut adalah tim yang tak mengeluarkan bola dari lapangan. Saat akan melakukan lemparan, pemain tak boleh terlalu lama membuang waktu dan juga tidak boleh mengangkat satu kaki.

    16. Tendangan Gawang

    Dilakukan saat bola telah melewati garis gawang disebabkan pemain lawan. Penjaga atau bisa juga teman satu tim melakukan tendangan gawang.

    17. Tendangan Sudut (Corner kick)

    Dilakukan saat bola telah keluar dan melewati garis gawang yang diakbiatkan pemain bek atau satu tim, tendangan tersebut dilakukan pemain lawan. Dan untuk letak tendangan gawang berada pada pojok kiri atau kanan lapangan.

    18. Peraturan Pergantian Pemain

    Dan selanjutnya peraturan dalam pergantian pemain sepak bola hanya dapat dilakukan maksimal 3-7 orang. Itu semua tergantung peraturan awal.

    19. Peraturan Pelanggaran


    peraturan pelanggaran bola
    performgroup.com

    Pelanggaran ini dapat terjadi diakibatkan karena tackle keras, handsball, atau mendorong lawan, menarik, dan masih banyak lagi pelanggaran yang bisa disebabkan. Apabila parah, disini wasit akan mengeluarkan kartu, ada 2 macam kartu yakni kartu kuning dan kartu merah .
    Apabila pemain mendapat kartu kuning, maka otomatis dia mendapat peringatan keras, dan jika dia mendapat kartu kuning satu lagi maka di akan di keluarkan dalam permainan. Dan apabila ada pemain yang mendapatkan kartu merah, maka dia akan lengsung dikeluarkan dari pertandingan.

    20. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

    Untuk tendangan bebas ini bisa dilakukan pada tempat terjadinya pelanggaran, apabila terjadi tendangan bebas, disini ada 2 pilihan yang biasa dilakukan yaitu kita bisa menendang langsung ke arah gawang atau bisa juga mengoper ke teman dalam tim kita.

    21. Terjadinya Penalty


    terjadinya penalti
    lifesomunda.net

    Penalti ini bisa terjadi dikarenakan adanya pemain yang melakukan pelanggaran pada area penjaga gawang. Misalnya seperti hands ball, tackle, ataupun pelanggaran lainnya.
    sumber :https://berolahraga.net

  • - Copyright © BlogSPORT - Powered by Blogger - Designed by Akb -