• Selasa, 03 Juli 2018

    - Rowing -
    Olahraga dayung merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan di banyak perlombaan, seperti POPDA, PORDA, PON, SEA GAMES, ASIAN GAMES, dan masih banyak lagi. Namun belum banyak orang yang mengetahui mengenai olahraga ini. Berikut beberapa hal yang saya ketahui mengenai olahraga ini.

    Ada 2 jenis olahraga dayung, yaitu Rowing dan Canoeing (kayak dan kano). Ada juga kategori tradisional yang menggunakan perahu naga (dragonboat). Olahraga dayung biasanya dilakukan di danau, waduk, atau situ. Di Jawa Barat, lokasi yang biasanya digunakan untuk latihan adalah Situ Ciburuy, Situ Cileunca, Waduk Jatiluhur dan Situ Cipule. Namun ada juga latihan yang dilakukan di darat menggunakan mesin simulasi, yang biasa disebut mesin Ergometer.

    Salah satu nomor olahraga dayung ini merupakan yang paling populer dan banyak peminatnya dibandingkan dengan yang lain. Hal ini dikarenakan perahunya yang sudah seimbang dan dilengkapi dayung yang juga dapat membuat perahu lebih seimbang lagi. Hanya saja, perahu rowing ini berjalan mundur. Ada dua jenis nomor Rowing yang biasanya diperlombakan, yaitu Scull dan Sweep.

    Nomor Scull ada yang terdiri dari 1 orang, 2 orang, 4 orang, dan 8 orang.

    Perahu rowing scull menggunakan 2 dayung yang memiliki ukuran panjang dan lebar sama rata. Masing-masing pedayung memegang kedua dayung tersebut. Biasanya panjang dayung disesuaikan dengan tinggi atau panjang tangan pendayung, agar lebih nyaman saat digunakan. Pergerakan kedua tangan pendayung nomor scull haruslah sama, karena apabila tidak harmonis dan bersamaan, perahu akan "slip" dan akan hilang keseimbangan lalu kemungkinan besar akan terbalik. Apabila dalam satu perahu ada lebih dari satu orang, pergerakan mereka juga harus bersamaan dan harmonis, agar dayung yang mereka gunakan tidak saling bertabrakan.
    Nomor Sweep ada yang terdiri dari 2 orang, 4 orang, dan 8 0rang.

    Berbeda dengan nomor scull, nomor sweep hanya menggunakan satu dayung yang mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebih panjang dibanding dengan dayung scull. Maka dari itu, nomor sweep minimal terdiri dari 2 orang. Masing-masing pedayung memegang satu dayung di sisi yang berbeda, ada yang di kanan dan ada yang di kiri. Penempatannya harus berselingan, kanan kiri kanan kiri begitu terus sampai pedayung yang terakhir. Pergerakan dari pedayung juga harus sama, agar perahu berjalan lurus. pedayung paling belakang mempunyai kendali sirip yang terletak di nagian bawah belakang perahu. Sirip ini berfungsi sebagai penyeimbang agar perahu berjalan lurus, karena kekuatan dari masing-masing pedayung pasti akan berbeda satu sama lain. apabila tidak ada sirip, kemungkinan perahu akan berjalan berkelok kelok ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kekuatan pedayungnya.

    - Canoeing -



    Nomor olahraga dayung ini memiliki tingkat kesulitan sendiri. Perahunya yang belum dalam keadaan seimbang mengharuskan pedayung yang mengikuti nomor ini berlatih agar dapat menyeimbangkan perahu ini. Ada 2 jenis nomor canoeing yang cukup dikenal, yaitu kayak dan kano.

    Nomor kayak yang di pertandingkan biasanya terdiri dari 1 orang, 2 orang dan 4 orang.



    Sementara nomor kano yang di pertandingkan biasanya terdiri dari 1 orang dan 2 orang.




    Pedayung yang mengikuti nomor kayak masing-masing akan diberi satu dayung yang mempunyai 2 bagian melebar di sisi kanan dan kiri. sementara di nomor kano, pedayung akan diberi masing-masing 1 dayung yang hanya memiliki 1 bagian melebar. Pedayung yang mengikuti nomor kano ini harus memiliki tingkat keseimbangan yang tinggi, karena perahu kano merupakan oerahu yang paling mudah terbalik diantara yang lainnya.

  • - Copyright © BlogSPORT - Powered by Blogger - Designed by Akb -